Cara Memelihara Menyimpan Baseband iPhone 4, iPhone 3GS Di iOS 6 Dengan Ultrasn0w

Di rilisnya Redsn0w 0.9.15b1 dan Redsn0w 0.9.15b2 memberikan kita sejumlah fungsi dan kemampuan diinginkan pada perangkat iOS kita, dan juga kemampuan lain yang kemudian ditemukan oleh komunitas jailbreak.

Dan di posting ini saya ingin mengupas salah satu kemampuan itu, yakni memelihara / menyimpan baseband iPhone 4 dan 3GS di iOS 6 dengan Redsn0w 0.9.15b2. Karena versi Redsn0w ini memiliki fungsi yang mampu membuat custom iOS 6 IPSW firmware yang kemudian dapat digunakan untuk memelihara baseband iPhone 4 atau iPhone 3GS.

Jika kamu bertanya, kenapa kita harus menyimpan baseband iPhone 4 dan 3GS? Jikalau kamu telah update ke iOS 6 dan mengandalkan unlock, tentu kamu tahu bahwa iOS 6 belum bisa diunlock, dikarenakan iPhone dev team belum merilis Ultrasn0w 1.2.8 khusus untuk iOS 6. Jadi menyimpan baseband bisa digunakan nanti jika Ultrasn0w itu telah dirilis.

Itulah manfaat memelihara baseband iOS 6, dan di posting ini kita akan uraikan langkah-langkah untuk memelihara baseband iOS 6 untuk unlock dikemudian hari, atau juga downgrade dan keperluan lainnya.

Baseband iOS 6


Langkah 1. Hal pertama perlu dilakukan ialah: download Redsn0w 0.19b2 untuk Windows atau Mac OS X.

Langkah 2. Kini, download the iOS 6 firmware untuk iPhone 4 (GSM) atau iPhone 3GS.

Langkah 3. Sekarang luncurkan Open Redsn0w, kemudian menuju Extras > Custom IPSW.

Langkah 4. Browse ke IPSW yang telah kamu download di langkah 2. Jika iPhone kamu adalah 3GS, kamu akan ditanya apakah 3GS adalah old atau new bootrom. Maka pilihlah sesuai kamu miliki.

Langkah 5. Pada tahap ini, Redsn0w akan membuat custom iOS 6 dan menghapus file apapun yang dapat mengupdate baseband milikmu. Setelah proses ini selesa, kamu akan temui file dengan prefix: “NO_BB…” dengan nama file IPSW.

Langkah 6. Sekarang Pawn DFU iPhone kamu dengan Redsn0w silahkan menuju Extras >>> Pwned DFU. Jangan khawatir, karena akan ada instruksi dilayar yang bisa kamu ikuti.

Langkah 7. Sekarang buka iTunes, setelah iPhone milikmu di DFU mode, kemudian tekan Shift+Restore untuk Windows dan jika kamu gunakan Mac maka tekan Option+Restore.

Ingat jangan memilih IPSW yang salah saat restore. Jika kamu temukan error 3194, maka edit host file-nya.

Langkah 8. Sekarang kamu harus menunggu. Kamu akan dapati iPhone kamu berusaha reboot dan logo Apple muncul di layar dengan bar progress kosong dengan latar gelap.

Langkah 9. Sekarang buka lagi Redsn0w menuju > Extras > Just Boot. Kemudian, ikuti perintah dilayar.

Langkah 10. Sekarang iPhone milikmu akan boot up secara normal, jika begitu maka saatnya ikuti cara unlock iOS 6 pada iPhone 4 dan iPhone 3GS gunakan Ultrasn0w Fixer.

Beres! Kamu telah berhasil menyimpan baseband iPhone 4 atau iPhone 3GS kamu dengan Redsn0w.

Advertisements