Cara Kendalikan Apple TV Dengan Suara Seperti Siri

Posted by Lutfi Hanif on Thursday, November 08, 2012

Advertisements
Sejak dirilisnya Siri, rumorpun merebak bahwa aplikasi asisten suara ini akan juga dapat digunakan pada Apple TV. Namun sayangnya, rumor itu belum juga menjadi kenyataan.

Sehingga harapan di sematkan pada komunitas homebrew untuk mewujudkannya. Pada kenyataannya telah banyak tutorial bernuansa hack untuk optimalkan Apple Tv. Serangkaian tutorial itupun telah disebarkan oleh sejumlah situs teknologi agar dapat kita ikuti.

Syukurlah, karena Info Apple iOS telah mendapatkan cara yang memungkinkan mengendalikan Apple Tv milik kita dengan perintah suara, oleh karenanya di posting ini rekan semua pemilik perangkat TV Apple itu dapat mengikutinya.

Dan situs bernama AppleTVItalia baru-baru ini membagikan sebuah metode yang memungkinkan kamu menggunakan kemampuan sebuah tweak Cydia bernama VoiceActivator untuk mengendalikan Apple Tv dengan suara.

Karena kita akan menggunakan tweak dari Cydia, artinya Apple Tv kamu sudah harus di jailbreak dengan tool aTV Flash telah terinstall. Dan satu lagi, sebuah iPhone telah terjailbreak juga merupakan persyaratannya.

Bagaimana Cara Mengendalikan Apple TV dengan Suara seperti Siri

Siri Di Apple TV Apple
Langkah 1) - Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah instal AirControl di Apple TV Jailbreak kamu (dan telah terinstall aTV Flash). Caranya ialah menuju Maintenance > Manage Extras > Install AirControl.

Langkah 2) - Sekarang ambil iPhone jailbreak milik kamu kemudian instal VoiceActivator dari Cydia yang merupakan tweak kembangan Chpwn. Tweak ini mampu menghadirkan perintah suara buatan yang juga dapat menghadirkan fitur unik.

Langkah 3) - Buka Settings app, kemudian menuju tab VoiceActivator dan pastikan tweak ini telah diset ON gunakan toggle tersedia.

Langkah 4) - Tap pada tombol Add Command, pada area teks Command text kemudian masukan kata “home” atau “menu,”. Lalu pilih opsi Open URL. Dan sekarang ketika kamu diminta untuk melakukan konfigurasi command, maka masukan URL berikut:
http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=1
Keterangan: kamu harus mengganti IPaddressofAppleTV dengan alamat IP (IP Address) Apple Tv kamu dari koneksi WiFi yang terhubung dengannya. Setelah kelar dengan langkah ini, maka save kemudian keluar dari area settings VoiceActivator.

Langkah 5) - Di Apple TV milikmu, kini saat menguji keberhasilannya, kamu tadi set Home dilangkah 4. Maka sekarang keluar dari home screen Apple Tv kamu (IE: luncurkan sebuah aplikasi atau menuju menu settings).

Dan sekarang beralih ke iPhone, jikalau kamu telah selesai lakukan langkah ini, maka tekan dan tahan tombol Home untuk menggunakan fitur perintah suara dan ucapkan kata “home” (atau kata apapun yang kamu pilih di langkah 4 diatas).  Perintah atau ucapan kamu akan terkirim ke Apple Tv milikmu melalui URL konfigurasi yang kamu taru diatas dan hasilnya Apple TV kamu akan kembali ke home screen.
Ingat: Baik iPhone dan Apple Tv kamu harus terhubung dalam koneksi jaringan WiFi yang sama agar cara ini dapat beroperasi.
Untuk meramaikannya, tentu kamu tidak ingin Apple TV kamu hanya dapat kembali ke home saja bukan? Tentu ingin juga perintah-perintah suara lainnya. Maka gunakan daftar perintah berikut ini.
  • Menu hold: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=2
  • Arrow up: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=3
  • Arrow down: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=4
  • Select: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=5
  • Left arrow: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=6
  • right arrow: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=7
  • Play / pause: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=10
  • Fast forward: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=18
  • Rewind: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=19
  • Chapter skip forward: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=20
  • Chapter skip backwards: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=21
  • List / Select hold: http://IPaddressofAppleTV/remoteAction=22
Apakah kamu berhasil kendalikan Apple TV kamu dengan perintah suara? Jika iya, maka silahkan tulis di area komentar dibawah posting ini.
Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Info Apple iOS
Info Apple iOSUpdated: Thursday, November 08, 2012