Berakhir Sudah Kedigdayaan Evasi0n Jailbreak

Posted by Lutfi Hanif on Sunday, March 24, 2013

Di dunia ini tiada yang abadi, begitupun pada urusan jailbreak. Kedigdayaan tool untethered Evasi0n berakhir sudah dibulan ini, setelah pihak Apple merilis iOS 6.1.3, membawa perbaikan pada celah yang di exploitasi oleh jailbreaker.

Evasi0n merupakan software pertama yang mampu membongkar tembok keamanan solid di iOS 6.x, hasilnya kita semua bisa jailbreak untethered iPhone, iPad juga iPod Touch dengan menggunakan lima exploit yang berkerja sama menghadirkan mata rantai guna memuluskan proses jailbreak iOS.

Evasi0n dirilis tanggal 4 Februari bulan lalu, hanya dengan sekejap menjadi software paling banyak di download dalam sejarah Apple pula iOS. Hanya 4 hari telah tercatat 7 juta perangkat iOS menggunakannya dan jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Setelah satu bulan, total menjadi 14 juta perangkat berbasis iOS menginstallnya.

Kini usianya telah 6 minggu. Dan hanya setua itu saja. Karena Apple telah berhasil memperbaiki semua celah yang ia gunakan untuk proses jailbreak. Jikalau kamu berencana update ke iOS 6.1.3 untuk perangkatmu, maka kamu tidak akan bisa menjailbreaknya lagi -- paling tidak hingga tim Evad3rs mampu membuat keajaiban lainnya.

Evasi0n
Karena iOS 6.1.3 merupakan firmware pertama yang tidak bisa di jailbreak setelah tool tethered Evasi0n dirilis. Jadi jikalau anda ingin terus menikmati fungsi tethered di perangkat anda, maka jangan coba untuk update.

Oleh karenanya bagi anda yang ingin mempertahankan fungsi tethered, maka jangan download iOS 6.1.3. Mereka yang telah update ke versi ini tidak bisa downgrade ke versi sebelumnya -- kecuali iPhone 4 dan iPhone 3GS. Maka lebih baik menghindari iOS 6.1.3 karena anda tidak akan mendapatkan banyak kejutan didalamnya, kecuali hanya sejumlah perbaikan kecil!

Namun perlu diingat meskipun kedigdayaan Evasi0n telah berakhir, bukan berarti aktivitas jailbreak tutup buku, karena menurut laporan bahwa para pengembang telah berhasil menemukan exploit di versi ini. Namun sepertinya mereka belum mau mempublikasikannya karena menunggu kedatangan iOS 7.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Info Apple iOS
Info Apple iOSUpdated: Sunday, March 24, 2013

0 comments:

Post a Comment