Cara Merubah DNS iOS iPhone, iPad Menjadi DNS Google Dan OpenDNS

Posted by Lutfi Hanif on Thursday, September 25, 2014

Advertisements
Ketika iPhone atau iPad anda menuju / mengakses sebuah alamat web (contohnya infoappleios.blogspot.com), iOS akan melakukan pencarian DNS untuk mengantarkan anda ke lokasi yang benar. Server DNS bertugas untuk pencarian itu, kemudian menterjemahkan alamat IP menjadi nama domain yang mudah di baca dan lebih familiar. Umumnya penyedia layanan internet menyediakan server DNS milik mereka sendiri, namun segalanya tidak selalu cepat, oleh karenanya sering kali sebagai pengguna iOS kita mencari cara untuk mempercepat internet kita atau mengatasi masalah koneksi jaringan dengan merubah setting DNS ke layanan lainnya. Merubah setting DNS pada iOS akan dibahas di sini, prosesnya bisa di terapkan pada iPhone, iPad juga iPod Touch dengan segala model.

Anda harus terhubung pada sebuah jaringan Wi-Fi untuk memasang sebuah server DNS baru atau merubah setting DNS pada umumnya. Tanpa sebuah koneksi nirkabel, maka tidak akan ada DNS untuk anda ganti (pada sebuah perangkat yang Wi-Fi ony), dan di sebuah perangkat iPhone, DNS ditentukan oleh penyedia / operator seluller dan tidak bisa di otak-atik hingga iPhone anda terhubung pada sebuah jaringan Wi-Fi.

Cara Merubah DNS iOS iPhone, iPad Menjadi DNS Google Dan OpenDNS


Merubah setting DNS di iOS iPhone, iPad dan iPod Touch

Setting DNS adalah sama di semua versi iOS dan semua perangkat Apple baik itu iPhone, iPod Touch juga iPad, perbedaannya hanyalah dari segi tampilan dan menu dimana versi baru akan tampak lebih moderen dibandingkan versi lebih lama. Itu saja bedanya.
  1. Buka aplikasi Settings pada perangkat iOS anda dan tap pada Wi-Fi (nama router yang terhubung akan ada disebelahnya).
  2. Menuju nama router Wi-Fi dimana anda terhubung yang muncul di layar, ini dapat dilihat dari tanda cek yang muncul tepat disebelah nama, kemudian tap pada tombol (i) dibagian kanan dari nama router.
    Cara Rubah DNS iOS iPhone
  3. Sekarang scroll kebawah ke seksi DNS dan tap pada angka-angka disebelah kanan - ini akan menghadirkan keyboard dan anda bisa memasukan alamat IP DNS baru (dalam kasus ini saya gunakan server DNS Google yakni 8.8.8.8).
    Ganti DNS iOS iPhone iPad
  4. Sekarang tap pada tombol Back untuk keluar dari Settings dari DNS.
Beres sudah! Kini setting DNS iOS anda telah sukses di rubah, namun perubahannya mungkin belum memberi efek apapun. Alias belum berkerja dan berfungsi.

Lalu bagaimana agar perubahan DNS di iPhone dan iPad ini berfungsi?

Anda disarankan untuk reboot iPhone, iPad atau juga iPod Touch anda agar perubahan DNS ini berfungsi dan efektif. Jika tidak cache dari server DNS yang lama akan tetap tersimpan di iOS anda.

Lihat.

Anda bisa melakukan reboot dengan tekan tombol Power untuk mematikan perangkat anda dan menyalakannya kembali, atau juga menggunakan metode reboot software iOS jika tombol power tidak berfungsi atau rusak.

DNS publik yang bisa anda gunakan.

Anda bisa gantikan DNS di iOS anda dengan salah satu DNS publik dibawah ini.

Alamat IP DNS Google

8.8.8.8
8.8.4.4

Alamat IP OpenDNS

208.67.222.222
208.67.220.220

Beres sudah itu cara merubah DNS iOS di iPhone, iPod Touch juga iPad menggunakan DNS Google atau OpenDNS. Semoga bermanfaat untuk anda.
Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Info Apple iOS
Info Apple iOSUpdated: Thursday, September 25, 2014