Solusi Untuk Error 1015 iTunes

Posted by Lutfi Hanif on Saturday, November 15, 2014

Error 1015 iTunes merupakan masalah umum dihadapi pengguna iPhone. Untungnya ada solusi jelas untuk atasi masalah error 1015 yang terjadi setelah jailbreak iOS itu.

Selain itu error 1015 iTunes umumnya disebabkan karena mencoba downgrade software dari iPhone, iPad atau iPod Touch. Dimana seorang pengguna iOS mencoba restore menggunakan file .ipsw yang lama. Mendowngrade ke versi lama yang tidak di support bisa menyebabkan masalah error 1015. Untuk mengatasi masalah ini, maka sebaiknya anda restore iPhone / iPad dengan software yang tersedia di Apple.

Dan bisa juga error ini terjadi disebabkan karena masalah hardware, meskipun hal ini langka terjadi.

Cara mengatasi error 1015 pada iTunes amatlah sederhana pada iPhone telah di jailbreak, dan solusinya amatlah langsung dan membutuhkan update pada file Hosts. Untuk itu dibutuhkan Administrator (Windows) atau Super-User (Mac) untuk melakukan perubahan pada file Hosts. Perubahan-perubahan file itu dapat di lakukan pada komputer Windows atau Machintos anda.

Solusi Untuk Error 1015 iTunes


Langkah 1. Silahkan download file iPSW yang dibutuhkan.

Langkah 2. Masuk ke mode DFU (Bukan ke mode recovery), untuk tutorial masuk ke DFU silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Hubungkan iPhone ke komputer anda dengan USB.0
  2. Matikan iPhone.
  3. Nyalakan / buka iTunes.
  4. Tekan tombol Power dan Home bersamaan selama 10 detik atau lebih.
  5. Lepaskan tombol Power namun tetap tahan tombol Home hingga komputer anda mendeteksi perangkat USB anda.
  6. Jika begitu, maka iTunes akan mendeteksi pula iPhone / iPad / iPod Touch anda.
Perlu di ingat, jika anda berhasil masuk ke mode DFU maka layar anda akan blank dengan warna hitam sebagai background-nya. Jika tidak, maka berarti anda masuk ke Recovery Mode bukan ke DFU mode. Lihat gambar ini sebagai contoh.
DFU Mode iPhone
Langkah 3. Sebelum lanjut kelangkah berikutnya, pastikan anda telah menyimpan SHSH Blobs di Cydia untuk firmware anda ingin restore atau downgrade. Jika tidak miliki SHSH, maka anda tidak dapat downgrade atau juga restore.

Langkah 4. Nah sekarang kita akan mengakali iTunes agar berfikir anda menggunakan server Apple, yang padahal kita akan menggantinya ke server Saurik.

Untuk Windows silahkan menuju C:WindowsSystem32driversetc dan cari file bernama  hosts.

Untuk Mac OS X silahkan menuju direktori /etc/ dengan menuju Go –> Go to Folder dari folder.

Setelah temukan file Hosts maka buka file tersebut gunakan NotePad untuk Windows dan TextEdit untuk pengguna Mac OS dan tambahkan baris perintah berikut ini.

74.208.105.171 gs.apple.com
Edit File Hosts
Setelah itu anda simpan NotePad atau TextEdit anda.

Langkah 5. Anda kini bisa restore firmware iPhone anda ke firmware anda download di langkah 1 tadi. Untuk itu silahkan klik pada ikon iPhone di sidebar iTunes. Kini tekan dan tahan tombol Alt untuk pengguna Mac sedangkan untuk pengguna Windows tombol Shift di keyboard anda dan klik pada tombol Restore  di iTunes dan kemudian lepaskan tombol tadi.

Tindakan tadi akan membuat iTunes meminta anda untuk memilih lokasi file firmware yang anda download tadi. Pilih file .ipsw dan klik pada Open.
Langkah 6. Kini anda tinggal duduk manis dan tunggu iTunes menyelesaikan tugasnya. Anda akan menyaksikan rangkaian langkah dilakukan secara otomatis. Oleh karenanya sabar saja dan jangan lakukan tindakan ceroboh. Tunggu hingga iTunes selesai install firmware di iPhone / iPad / iPod Touch anda. Layar iPhone anda pada tahap ini akan tampilkan bar progress mengindikasikan kemajuan dicapai. Dan pada tahap tertentu nantinya, iTunes akan tampilkan error 1004 atau 1015, itu hal normal, acuhkan saja karena firmware anda inginkan sudah diinstall dengan mulus ke perangkat iOS anda.

Langkah 7. Pada tahapan ini iPhone anda akan terperangkap di Recovery Mode, menampilkan layar bertuliskan Connect to iTunes. Untuk keluar dari Recovery mode, maka silahkan download TinyUmbrella untuk Mac atau Windows. Kemudian jalankan, dan klik pada tombol Kick Device Out of Recovery . Dan iPhone atau iPad atau iPod Touch anda akan restart secara normal.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Info Apple iOS
Info Apple iOSUpdated: Saturday, November 15, 2014