Cara Transfer File Antara Android Dan iOS iPhone

Posted by Lutfi Hanif on Wednesday, December 17, 2014

Advertisements
Cara transfer file antara Android dan iOS iPhone. Selama ini saya terus mencoba untuk melakukan pengiriman file via lintas platform baik itu antara sesama OS atau beda OS, seperti dari Android ke iOS (iPhone dkk). Dan beberapa aplikasi telah saya coba diantaranya ialah Fast File Transfer, merupakan sebuah aplikasi Android gratis yang memungkinkan anda untuk transfer file dari perangkat Android ke iOS iPhone juga iPad menggunakan koneksi Wi-Fi.

Pengembang aplikasi ini, Florian Draschbacher, menawarkan aplikasinya sebagai sebuah alternatif dari aplikasi serupa yang menggunakan koneksi Bluetooth untuk kirim file.

Jika anda ingin kirim file via bluetooth di iPhone juga iPad silahkan gunakan aplikasi AirBlue Sharing.

Saya telah gunakan Fast File Transfer pada Galaxy Tab 2 yang gunakan OS Android 4.3 dan mengirim file ke iPhone 5 gunakan iOS 7. Dan file terkirim dengan mulus.

Namun beberapa teman saya yang kebetulan berada di luar negeri melaporkan bahwa aplikasi ini tidak berjalan semulus waktu saya gunakan, setelah diselidiki ternyata masalahnya bukan pada Fast File Transfer melainkan pada aturan yang di tetapkan carrier dan pabrikan dalam membatasi melakukan koneksi melalui Wi-fi, jadi tentu saja masalah ini diluar kuasa dari si pengembang aplikasi.

Fitur

Fast File Transfer menawarkan sejumlah fitur berikut ini;

  • Mudah di setting.
  • Perangkat OS apa saja bisa menerima file kiriman.
  • Bisa mengirim satu file atau juga multipel file.
Florian mengatakan bahwa aplikasi miliknya dapat berkerja 20x lebih cepat dibanding gunakan Bluetooth, bisa dimengerti karena koneksi Wifi yang umumnya cepat dan stabil sebagai penopangnya. Terus terang saya cukup puas saat mencobanya, meskipun saya belum melakukan uji kecepatan aplikasi ini.

  1. Buka Google Play Store.
  2. Cari aplikasi bernama Fast File Transfer.
  3. Klik Install untuk Fast File Transfer ke perangkat berbasis Android.
  4. Kini tap pada Fast File Transfer untuk membukanya.
    Fast File Transfer
  5. Beri nama pada perangkat Android anda di bagian nama Device (saat saya install aplikasi ini, muncul nama device tidak dikenal (unknown) muncul di area device -- jika anda juga temui kondisi serupa, maka hapus saja).
  6. Anda juga bisa berbagi file dengan sebuah password, atau juga membiarkan form Password tanpa perlu di isi jika anda tidak ingin menggunakan password.

Cara transfer file antara Android dan iOS iPhone juga iPad


Di sini saya akan contohkan mengirim satu file saja -- bukan multipel file -- untuk proses lebih cepat dan di salah satu langkah pengiriman anda harus memasukan IP address.

Untuk kirim file ke iPhone atau iPad dari Android.

  1. Tap OK
  2. Tap dan tahan sebuah file di browser file.
  3. Tap Send, Share, atau yang sejenis, tergantung dari versi Android anda. 
  4. Tap Fast File Transfer, yang akan memulai proses transfer file.
  5. Anda harus enable koneksi Wifi untuk mengirim file gunakan Fast File Transfer.
  6. Kini, buka perangkat iPhone / iPad anda untuk menerima file.
  7. Tap pada Settings
  8. Tap pada Wi-Fi, dan pilih Fast File Transfer sebagai Wi-Fi network.
    Transfer File Android Ke iPhone
  9. Kini buka sebuah web browser di iPhone anda, dan ketik IP address yang muncul di layar Fast File Transfer (Dokumen / file yang anda transfer akan muncul di web browser).
    Transfer File Android Ke iPhone iPad iOS
  10. Kini sebuah file telah siap untuk di download di iPhone anda.
  11. Tap pada Open In, kini pilih aplikasi yang anda inginkan untuk membuka file di iPhone atau iPad anda.
Apple sejauh ini masih belum terbuka hatinya untuk memudahkan pengguna produk mobilenya, iPhone dan iPad, agar dapat kirim / terima file menggunakan Bluetooth. Entah kapan, pihak Apple akan menyediakan fitur ini secara default. Tanpa kita perlu bersusah payah menggunakan aplikasi pihak ketiga dan melalui langkah-langkah yang tentunya memakan waktu.
Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Info Apple iOS
Info Apple iOSUpdated: Wednesday, December 17, 2014