Apakah Jailbreak iOS; Manfaat Dan Jenis Jailbreak

Posted by Lutfi Hanif on Thursday, January 08, 2015

Advertisements
Apakah jailbreak iOS iPhone? Jailbreak adalah nama yang di berikan bagi proses yang di gunakan untuk memodifikasi sistem operasi yang berjalan di iPhone, iPad atau juga iPod Touch. Dengan jailbreak pemilik perangkat-perangkat iOS itu memperoleh kendali lebih besar, termasuk kemampuan untuk menyingkirkan batasan yang Apple bebankan dan menginstall berbagai tweak yang tersedia di toko aplikasi rivalnya Apple yakni Cydia.

Dan aktivitas jailbreak sudah lama dianggap ligal, tepatnya saat tahun 2010 bulan Juli oleh pemerintah Amerika yang mengumumkan bahwa jailbreak merupakan hak semua pengguna iOs baik itu iPhone, iPod Touch juga iPad. Peraturan ini juga berkaitan dengan aktivitas tidak resmi lainnya, yakni unlock.

Argumen yang menentang Jailbreak iOS

Pihak Apple dengan ketat mengatur, mengendalikan dan mengawasi semua produk berbasis iOS mereka. Pengaturan ini bersifat umum, namun juga disertai batasan kepada pengguna untuk mengkostumisasi tampilan dan nuansa iPhone mereka, dan menghalangi mereka untuk install software yang berasal bukan dari App Store milik Apple.

Alasan yang dikemukan Apple menghalangi jailbreak ialah mencegah perubahan yang dihasilkan oleh jailbreak agar iPhone dan iPod Touch juga iPad berjalan dengan halus, error sedikit mungkin guna menghadirkan pengalaman maksimal bagi penggunanya.

Dengan begitu pengguna iOS hanya dapat menginstall aplikasi-aplikasi dari App Store, dengannya Apple memastikan akan meminimalisir masalah keamanan dan mencegah penipuan dan aplikasi jahat menginfeksi perangkat iOS pengguna.

Argumen lainnya yang berimbas negatif bagi iPhone telah di jailbreak ialah menjadi sulit untuk di upgrade ke versi iOS terbaru dan jika melakukan upgrade pada iPhone telah di jailbreak bisa menyebabkan ketidak stabilan dan error pada iOS anda bahkan berhenti berfungsi.
Gambar Jailbreak iOS

Argumen yang mendukung jailbreak

Pandangan berlawan juga di sembulkan oleh para jailbreak, mereka mengatakan bahwa Apple tidak mengakui kebebasan pengguna menggunakan iPhonenya sesuai keinginan mereka dan Apple di anggap mencoba mengatur aplikasi apa saja yang harus di install. Aturan Apple dianggap terlalu ketat dan membatasi, sehingga menghalangi pengguna memodifikasi kode dari iPhone / iPod Touch dan iPad mereka.

Amankan Jailbreak?

Sebenarnya secara garis besar jailbreak ialah meraih kemampuan lebih untuk menginstall di perangkat berbasis iOS, selain itu mampu menghadiahi kekuasaan pada pengguna untuk melakukan hal-hal yang tidak Apple setuju -- contohnya membuat ringtone sebelum fitur itu tersedia di iTunes. Namun disaat yang sama jailbreak bisa pula memberikan masalah, termasuk kerusakan data dan membuka celah bagi cracker dan penjahat untuk install kode jahat di perangkat jailbreak mereka.

Apple tidak lagi memayungi perangkat iOS yang telah di jailbreak dan menolak memberikan garansi pada iPhone, iPad juga iPod Touch jenis ini.

Jika anda ingin dapatkan kembali garansi dari Apple maka anda bisa pula unjailbreak iOS iPhone anda.

Hal apa saja yang bisa di lakukan iPhone telah di jailbreak?

Berikut adalah sebagian hal yang bisa anda lakukan di iPhone telah di jailbreak;
  • Mengganti antarmuka dari perangkat iOS anda.
  • Menghapus aplikasi built-in yang hadir bersama iOS secara default.
  • Menginstall aplikasi yang tidak Apple izinkan atau tidak tersedia di App Store.
  • Mendapat dan install aplikasi berbayar dengan gratis (namun aktivitas ini tergolong sebagai tindakan pencurian dan ilegal).
  • Download musik, ebook, video dan konten lainnya dengan gratis (hal ini juga termasuk pencurian).
  • Bisa tether tanpa biaya tambahan.
  • Akses system file iOS.
Jika ingin lebih detil mengenai manfaat jailbreak maka baca posting saya sebelumnya yang berjudul haruskah iPhone di jailbreak?

Jenis-jenis jailbreak.

Berdasarkan fungsi dan prosesnya aktivitas jailbreak terbagi dua yakni tether dan untethered, dimana nama yang pertama memerlukan koneksi ke media (komputer) setiap kali iPhone, iPad dan iPod Touch anda booting atau restart. Sedangkan jenis yang kedua tidak perlu. Oleh karenanya pengguna iOS lebih suka untethered karena lebih fleksibel.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca perbedaan jailbreak untethered dan jailbreak tethered pada iOS iPhone.

Semoga posting berisi apakah jailbreak iOS berserta manfaat dan jenis jailbreak ini bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan. Semua topik mengenai segala hal yang berhubungan dengan iOS dibahas di blog Info Apple iOS oleh karenanya jika topik ini menarik untuk anda silahkan berlangganan.
Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Info Apple iOS
Info Apple iOSUpdated: Thursday, January 08, 2015